ABSTRAK

Kolaborasi Permainan TeKa dengan block game Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tahap-tahap

Proses Fotosintesa di SMA.

Oleh :

Wijiyono, S.Pd

Guru SMA Negeri 1 (Plus) Matauli Pandan

Abstraks

Penggunaan kolaborasi permainan TeKa dengan block game adalah suatu model pembelajaran unik yang didesain khusus untuk memudahkan siswa belajar biologi khususnya materi tahap-tahap proses fotosintesa. Karya ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kolaborasi permainan TeKa dengan block game terhadap hasil dan proses belajar siswa. Selain itu untuk mengetahui persepsi dan kesan siswa terhadap dalam proses pembelajaran.

Aplikasi dalam pembelajaran di kelas menekankan pada cara belajar siswa yang berbasis pada ketrampilan proses. Siswa memperoleh pengetahuan secara mandiri dan berkembang sesuai dengan kemampuannya. Unsur utama yang harus dilakukan oleh guru adalah menciptakan suasana belajar yang demokrasi ,menyenangkan , dan menggaerahkan. Siswa tidak merasa tertekan atau terbebani saat proses pembelajaran.

Pengambilan data dilakukan pada siswa SMA Negeri 1 Pandan kelas III sebanyak 25 orang. Dari analisa data diperoleh hasil sebanyak 84% siswa memiliki minat baik, 12% cukup dan 4% memiliki minat kurang. Dari data perhatian siswa menunjukkan bahwa : 80% memiliki perhatian baik, 16% memiliki perhatian cukup dan 4% memiliki perhatian kurang. Dari data partisipasi siswa menunjukkan bahwa 80% memiliki partisipasi baik, 16% memiliki partisipasi cukup dan 4% memiliki partisipasi kurang. Dari data respon siswa menunjukkan 90% sangat setuju bahwa penggunaan kolaborasi permainan TeKa dengan block game mampu menciptakan suasana senang dan demokrasi,5% setuju dan 5% tidak setuju. 95% sangat setuju materi menjadi mudah dipahami, 3% setuju dan 2% tidak setuju. 80% siswa sangat setuju pembelajaran lebih menekankan aspek psikomotorik, 15% setuju dan 5% tidak setuju. 94% siswa sangat setuju cara belajar siswa menjadi aktif, 4% setuju dan 2 % sangat tidak setuju. Rata-rata hasil ulangan harian siswa mengalami kenaikan dari 65 menjadi 82. Hal ini menunjukkan bahwa model kolaborasi permainan TeKa dengan block game dapat diterapkan dalam pembelajaran subpokok bahasan tahap-tahap proses fotosintesa.

Berdasarkan hasil kajian , kolaborasi permainan TeKa dengan block game dapat dimanfaatkan sebagai model pembelajaran di SMA .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Influence of apigenin and tt- fernasol to Streptococcus mutans( terjemahan)

Perjalananku di Dua negara