Sambungan bagian 2

PEMBERANGAKATAN MENUJU DUBAI

Sabtu pagi  tanggal 22 september 2012, Sehabis makan pagi, kami bersama rombongan berjalan-jalan di sekitar hotel menuju ke jalan Duren Tiga dan pasar minggu hingga sampai ke Pancoran sambil menikmati  suasana pagi di Jakarta,  kebetulan sabtu merupakan hari libur sehingga banyak ditemui orang  jalan pagi. Kami duduk sebentar menghilangkan rasa capek dan penat kaki, selanjutnya kami dan rombongan berbalik arah menuju ke jalan pasar Minggu untuk Kembali ke hotel Kaisar.  Kira-kira jam 0.9.00, kami sampai di hotel dan duduk-duduk di lobi hotel menunggu informasi kegiatan dari panitia. Memanfaatkan waktu senggang, kami bersama rombongan  sekali-kali  ceprat cepret dengan gayanya yang klasik. Tak lama kemudian, Mas Sugeng datang, dan menginformasikan semua peserta benchmarking segera kumpul di ruang 301 lantai 1, untuk menerima pengarahan dari pak Wastandar. Beliau sebagai pimpinan program benchmarking ke Eropa. Tak lama kemudian peserta masuk ruangan,  dan bertemu  dengan pak Rahmansyah. Beliau sebagai team yang mengatur perjalanan kami selama di Eropa. Beberapa menit kemudian, pak Wastandar datang, yang di dampingi oleh mas Jaka dan mbak Titah, sebagai perwakilan dari Kemendiknas. Acara meeting dimulai jam 11.00, diakhiri jam 12.00 siang. Acara selanjutnya  pembagian paspor, visa dan tas untuk perjalanan. Usai penyerahan dokumen perjalanan, kami bergegas masuk ke kamar untuk persiapan pemberangkatan. Kami diberi waktu hanya 15 menit untuk siap-siap, dan harus kumpul di lobi sambil membawa koper masing-masing. Kemudian kami sambil duduk-duduk di lobi menunggu jemputan datang. Tak lama kemudian bis Cipaganti meluncur dari depan hotel, masuk di plataran hotel. Kemudian seorang pegawai hotel menghampiri kernet. Pegawai hotel, kemudian balik menuju ke lobi, dan memberitaukan  mobil jemputan sudah datang. Lalu kami dan rombongan bergegas menuju  bis.
 Kira-kira jam 13.00 bis berangkat menuju ke bandara Sukarno-Hatta. Selama perjalanan kami ditemani pihak panitia, yaitu Mas Sugeng dan Mas Wahyu. Beliau berdua yang bertanggung jawab masalah pemberangkatan  dan kepulangan nanti sampai di Indonesia. Tepat jam 15.00 kami  sampai di bandara dan dikumpulkan di di depan Gate 2A pemberangkatan ke luar negeri. Di sana sudah ditunggu  mas Niman dan mas Sopyan, Dia yang membantu pengurusan masalah  bagasi saat di bandara.  Jam 17.00, Kami cek in  dan harus antri satu-satu untuk pengecekan paspor diplomatik, alhamdulillah lancar dan cepat. Setelah selesai kami menuju ke tempat tunggu pemberangkatan pesawat Emirates Airways Gate E8 jurusan Milan transit di Dubai Uni Emirate Arab. Pesawat akan terbang jam 18.30 sore,  jadi masih ada waktu untuk melepas lelah, saya rebahkan  badan dan letakan tas jinjing sambil  menunggu waktu, kupejamkan mataku, tapi sulit terpejam. Mungkinkah karena angan-anganku tuk sampai  tanah jazirah Arab, yang konon merupakan tanah bersejarah umat islam. Jam 16.30, semua penumpang masuk ke pesawat Boeng 7000 ER 300, semua antri dan masuk satu persatu melewati pintu utama sambil memegangi tiket. Saya mendapat kursi 25 E yang dekat jendela, suatu tempat yang nyaman. Kami masuk ke pesawat dan di sambut dengan ramah pramugari, pramugara yang berpakaian sopan sehingga menambah senang perjalananku ke Eropa.  Setelah masuk pesawat,  sebuah pesawat berbadan lebar dengan fasilitas lengkap akan menemaniku dalam perjalanan ke Milan Italia. Suasana nyaman, tenang, sekali kali diiringi senyuman pramugari pramugara yang manis, sambil menawarkan makanan dan minuman selama penerbangan.